Thursday, November 7, 2013

Banana bread

Assalamu alaikum

Mencoba mengumpulkan mood yang baik supaya gag males update. Hihihi, apalagi setelah semalam mencoba update blog dan gag kesave, 2 kali pula. Itu rasanya langsung males seketika.

Kemaren siang saya sempat nyoba bikin banana bread lagi. Dan kali ini rasanya sudah sesuai dengan lidah saya. Dulu sempat bikin banana bread dan resepnya plek gag ada yang saya utak-atik. Dan hasulnya sedikit kemanisan untuk saya. Karena saya tidak begitu suka manis. Untuk resepnya saya tetap pakai resep andalan dari blognya teh ricke. Dan sedikit saya utak-atik. Ma'af ya teh resepnya saya acak-acak. Dan hasilnya enak banget.

Tapi berhubung saya memanggangnya pakai cooking pot yang mana cooking pot itu hanya api atas saja, jadi lebih lama proses memanggangnya, diresepnya teh ricke cuman butuh waktu 1 jam saja. Sedangkan saya butuh waktu sekitar 70-75 menit. Dan kalau saya naikkan suhu panasnya, akan hangus dulu permukaannya. Jadi untuk menghindari semua itu, saya pakai suhu agag rendah dengan waktu sedikit agag lama. Untuk resep aslinya silahkan lihat disini.
Dan berikut ini resep yang sudah sedikit saya utak-atik. Buat teh ricke, terima kasih banyak untuk semua resepnya.

Banana Bread
Resep by ricke indriani
Modief by rina

Bahan:
230 gr tepung terigu protein sedang (saya 200 gr terigu + 30 gr susu bubuk)
100 gr gula pasir (saya 70 gr)
30 gr gula aren bubuk (saya 50 gr brown sugar)
113 gr margarine, cairkan dan biarkan dingin. ( saya 80 gr margarine + 30 gr olive oil)
2 butir telur ukuran besar, kocok lepas
3 buah pisang ambon/cavendish matang. (sekitar 450 gr) hancurkan dengan garpu
1/4 sdt soda kue
1 sdt baking powder
1/4 sdt garam
1/4 sdt vanilla essence

Cara membuat:
1. Panaskan oven dengan suhu 180℃. Siapkan loyang loaf ukuran 23x10x7 cm. Olesi alas dan sisinya dengan mentega dan taburi sedikit tepung. Sisihkan.
2. Dalam mangkok besar, campur dan ayak terigu, susu bubuk, garam, soda kue dan baking powder. Masukkan gula pasir dan gula aren bubuk. Aduk rata, sisihkan.
3. Dalam mangkok lain, campur telur, pisang, margarine cair dan essence vanilla. Aduk rata dan tuang ke dalam campuran tepung sambil diaduk sebentar asal rata saja. Tidak perlu sampai halus dan lembut.
4. Tuang dalam loyang loaf. Panggang selama ±60 menit. Jangan lupa untuk mengenali panas oven masing-masing. karena saya pakai cooking pot yang api atas saja, adonan saya panggang selama 70-75 menit. Cukup lama memang).
Jangan lupa lakukan tes tusuk untuk mengetahui apakah kue sudah matang atau belum.

Note:
-banana bread ini teksturnya cukup padat dan mengenyangkan, cocok buat sarapan ataupun bekal.
-ketika baru keluar dari oven, teksturnya crunchy. Tapi ketika dingin sudah tidak begitu crunchy. Potong banana bread ketika sudah dingin biar permukaannya tidak pecah.
-supaya tetep lembab dan lembut, simpan di dalam wadah kedap udara.

Happy baking.

No comments:

Post a Comment