Saturday, November 2, 2013

Kue labu kuning kukus lapis pandan

Assalamu 'alaikum

Kali ini mau share resep nya mba diah didi yang kemaren sempat saya bikun. Berhubung di tempat saya selalu ada yang namanya labu kuning, jadi dimanfaatkan aja buat bikin kue ini. Dari pada nanti kebury membusuk. Kalau di resepnya mba diah didi beliau memakai coklat. Jadi si coklatnya saya ganti pakai pasta pandan.

Dan hasil kuenya enak dan lembut, meskipun tanpa penggunaan margarine atau minyak sayur. Resep asli silahkan tengok http://www.diahdidi.com/2013/02/cake-kukus-labu-kuning-lapis-coklat.html?m=1

Kue labu kuning kukus lapis pandan
Resep by diah didi
Modief by rina

Bahan:
3 butir telur
75 gr gula pasir
85 gr tepung terigu
15 gr susu bubuk
1/4 sdt garam
1/2 sdm emulsifier (tbm, sp)
75 gr labu kuning, kukus haluskan
75 ml santan (dari 1/4 butir kelapa) hangat (saya pakai susu dingin)
1/4 sdt pasta coklat (saya pasta pandan)
50 gr coklat masak/meises cojlat untuk taburan (saya skip)
1/4 sdt vanili bubuk

Cara membuat:
1.blander santan dan labu kukus hingga halus. Saring, sisihkan.
2. Kocok telur, gula pasir, vanili bubuk dan emulsifier hingga mengembang dan kental.
3. Tambahkan tepung terigu dan susu bubuk sambil diayak dan aduk rata.
4. Masukkan campuran santan dan labu kuning sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.
5. Ambil 1/3 adonan. Tambahkan coklat pasta (saya pasta pandan) aduk rata.
6. Tuang adonan coklat 1/4 cetakan (berhubung saya pakai loyang tulban besar, jadi semua adonan pasta pandan saya tuang semuanya). Kukus selama. 10 menit (saya hanya 5 menit).
7. Tuang sisa adonan labu 1/3 adonan saja. Karena kue akan mengembang nantinya. Kukus selama 10 menit atau hingga kue matang.

Note:
Ketika mengukus kue, jangan lupa tutup pancinya di lapisi dengan kain lap bersih supaya air tidak menetes ke adonan.
Dan jangan lupa, rebus air ketika kita mulai mengocok telur, pakai api kecil saja dulu, biar pas adonan siap di kukus tidak perlu menunggu.

Happy baking

4 comments:

  1. Salam kenal, mbak. dari kemarin saya nyari resep labu. akhirnya dapat resep ini. Mau coba bikin, ah. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mba natnat,
      Silahkan mba. Semoga cocok resepnya. Bisa juga pakai cetakan bunga kecil yang dari plastik mba.

      Delete
  2. Ada labu nih kebeneran..mo nyoba ah...izin nyontek ya mbak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mba elly, semoga cocok ya resepnya.

      Delete