Sunday, November 17, 2013

Cake bayam jepang (horenso)

Assalamu alaikum

Beberapa hari yang lalu pas lagi belanja ke pasar, saya melihat ada bayam jepang seger-seger banget. Teringat pernah melihat postingan resepnya mba ummu fatima yang ini akhirnya saya beli bayam jepang sedikit saja. Mengingat belum tentu cocok di lidah saya nantinya. Apalagi saya bukan tipe orang yang cocok dengan masakan atau sayur di negara lain.

Dan kebetulan juga cake ini tanpa menggunakan emulsifier yang mana di pasar dekat tempat saya tinggal sekarang sudah banyak toko indo yang tutup dan tidak ada emulsifier. Jadi cake ini sangat cocok sekali untuk jenis cake yang bisa saya buat dengan bahan yang ada.

Awal pemanggangan cake ini sangat unik, karena saya memanggangnya menggunakan cooking pot dan hanya ada api atas saja, waktu yang saya butuhkan cukup lama. Sekitar satu jam. Dan di menit ke 40, cake ini dalam nya masih cair. Sempat was-was takut kalau gag matang cake nya. Akhirnya saya tambah waktu pemanggangan menjadi 1 jam. Di resepnya mba ummu cuman membutuhkan waktu 40 menit saja.

Tapi meskipun cake ini sempat bikin was-was, hasilnya sepadab koq dengan lamanya memanggang. Cake nya lembut, enak, dan manisnya pas. Sengaja gulanya saya tambahkan sedikit. Takut kalau ada bau langunya. Dan sempat kepikiran mau ditambahin vanilla essense tapi karena kelupaan gag jadi pakai deh, hehe ^_^.

Dan berikut ini resepnya, untuk mba ummu fatima, terima kasih resepnya.

Cake bayam jepang (horenso)
By ummu fatima http://ummufatima-mysimplykitchen.blogspot.jp

Bahan:
150 gr bayam jepang (ambil daunnya saja)
120 gr tepung terigu
85 gr gula pasir (saya 90 gr) kalau suka manis, bisa ditambahkan.
90 ml minyak goreng (saya pakai olive oil)
4 butir telur

Cara membuat:
1. Panaskan oven 180'C. Olesi loyang dengan margarine dan taburi sedikit tepung terigu. Sisihkan.
2. Blender daun bayam dan minyak goreng hingga halus, sisihkan.
3. Campur telur dan gula pasir. Kocok hingga pucat dan kental dengan spead tinggi (saya kocok 10 menit).
4. Setelah 10 menit, turunkan kecepatan mixer ke yang paling rendah. Masukkan tepung terigu sambil di ayak ke dalam kocokan telur. (jangan terlalu lama waktu mencampur).
5. Masukkan campuran bayam dan minyak, aduk perlahan sampai tercampur rata.
6. Tuang ke dalam loyang. Panggang selama 45 menit sampai adonan matang, lakukan tes tusuk (saya panggang selama 60 menit).

Note:
Adonan memang agag sedikit cair, !jangan takut kalau cake tidak matang.

Happy baking

3 comments:

  1. waah....bisa mengembang tinggi ya Mbak.....memang lembut cake ini.....menurut saya jg tdk langu....adonannya ditambah keju parut tambah enak lho Mbak ^^
    kalo saya manggangnya pakai microwave oven....cuma bisa api atas aja. tapi oven saya memang cenderung panas....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini saya pakai holagen cooking pot mba ummu. Apinya juga api atas. Butuh waktu agag lama saya waktu memanggang. Terima kasih kunjungan nya

      Delete
    2. Kapan2 dicoba deh yang pakai keju

      Delete