Friday, December 6, 2013

Roti tawar pandan

Assalamu 'alaikum. .
Apa kabar semuanya? Semoga selalu sehat dan baik-baik saja. Wah sudah lama juga ya rasanya gag posting resep. Seminggu yang lalu rasanya jadi minggu yang lumayan menyita tenaga. Bukan karena kerjaan yang menumpuk. Tapi, karena mesti nunggu di Rumah sakit 3 hari 4 malam. Dan, di rumah sakit benar-benar bikin saya gag bisa tidur. Cumqn tidur 3-4 jam tiap hari. Dan belum lagi dalam 1 minggu bisa sampai 3x masuk rumah sakit.

Hehehe, ma'af intermezonya kepanjangan :-D. Seperti judulnya roti tawar pandan, sebenarnya bikin roti ini sudah lamaaa banget, sampai lupa kapan bikin nya, saking lamanya, hehe. Ini resepnya seperti biasa, ngintip dari blognya teh ricke lagi. Ini blog favorite deh, apalagi kalo pas bingung mau bikin apa, tinggal ngubek-ubek blognya pasti langsung ketemu resep yang menarik. Terima kasih ya teh, semoga ilmunya barokah dan bermanfaat buat banyak orang.

Dan ini resepnya
Roti tawar pandan
By  ricke indriani

Bahan:
400 gram terigu protein tinggi
100 gram terigu protein sedang
20 gram susu bubuk
8 gram ragi instan
2 gram bread improver (saya skip)
40 gram gula pasir
1 butir telur
40 gram gula pasir
1,5 sdt pasta pandan
250 ml susu cair dingin (bisa diganti air es), tambahkan/kurangi sesuai kondisi tepung
30 gram margarine/shortening/butter
7 gram garam

Cara membuat:
1. Campur terigi, susu bubuk, ragi instan, bread improver(kalau pakai) dan gula pasir. Aduk rata.
2. Masukkan telur, pasta pandan dan susu cair dingin secara bertahap sambil diuleni hingga adonan kalis (tidak lengket pada wadah).
3. Masukkan margarine/shortening/butter dan garam. Uleni lagi hingga kalis elastis. Jika menguleni secara manual, pindahkan adonan ke alas kerja/meja yang sudah ditaburi sedikit terigu. Kemudian uleni hingga kalis elastis.
4. Tempatkan dalam wadah, tutup dengan plastik wrap atau serber bersih yang agag lembab. Diamkan selama 30 menit - 1 jam tergantung kondisi ruangan hingga mengembang 2 kali lipat.
5. Kempeskan adonan. Uleni lagi sebentar agar mulus kembali. Diamkan 10 menit. Gilas adonan dengan rollinh pin membentuk persegi panjang, sesuaikan dengan ukuran loyang. Gulung sambil dipadatkan. Gilas dan gulubg sekalu lagi.
6. Tempatkan adonan pada loyang loaf ukuran panjang 23 cm yang sudah diolesi margarine. Diamkan 1jam atau terkagantung kondis!i ruangan hingga mengembang. Olesi permukaannya dengan susu cair. Jika memakai loyang tutup, pakai loyang ukuran panjang 30 cm (biasanya loyangnya lebih tinggi).
Diamkan hingga mengembang 1-2 cm dari permukaan loyang, kemudian tutup loyang tanpa di olesi susu cair.
7. Panggang dalam oven 190℃ selama 20-25 menit hingga permukaannya kecoklatan dan matang. Keluarkan dari loyang. Panas-panas permukaan nya bisa dioles mentega agar mengkilat. Dinginkan roti, lalu iris menggunakan pisau bergerigi (bread knife). Simpan dalam wadah kedap udara atau plastik tebal agar roti tidak kering dan terkena udara pagi.


note: 
- untuk menghadilkan roti yang mengembang dengan baik dan serat rotinya lebih lembut, usahakan adonan sudah diuleni sampai kalis elastis, 
tanda gluten sudah bekerja optimal. jika menguleni dengan tangan setelah adonan kalis dalam wadah, pindahkan adonan ke alas kayu atau meja kerja yang ditaburi sedikit tepung dan uleni dengan gerakan seperti mencuci baju di penggilesan, 
dan tidak peelu dibanting-banting keras.
adonan elastis bila sudah lemas ketika ditarik. jika dites sedikit adonan dipipihkan kemudian dibeberkan dengan kedua telapak tangan, adonan bisa tipis
hampir transparan.
- jika menggunakan mixer heavy duty, gunakan spead 2 untuk menguleni dengan dough hook sampai adonan 
kalis dan mulus. kemudian bisa naikkan ke spead 3 atau 4 sebentar saja hingga adona elastis. pindahkan ke alas kayu 
atau meja krj yang sudah di taburi terigu sedikit, uleni lagi sebentar dengan tangan. adonan siap diprofing. jangan menggunakan spead tinggi dalam menguleni adonan roti karena akan menyebabkan mesin mixer cepat panas dan bisa saja akan merusak kinerja mixer.

happy baking

No comments:

Post a Comment