Friday, December 6, 2013

Puding vanilla ubi ungu lapis biskuit

Assalamu 'alaikum. .

Kebetulan resep puding kali ini saya ikutkan lomba digroup facebook. Ikut meramaikan saja sih. Sebenarnya resep aslinya memakai talas. Tapi entah kenapa si talas ungu ketika dicari malah menghilang. Akhirnya putar otak nyari jenis umbi yang berwarna ungu. Dan pilihanpun gag jauh dari ubi ungu. Karena masih ada setok banyak di frezzer. Ada kejadian yang sempat bikin saya sedikit kaget karena proses pencampuran putih telur dan adonan puding ungunya. Adonan ubi ungu tiba-tiba berubah warna menjadi sedikit kebiru-biruan. Cukup kaget sih, karena hasilnya gag bisa ungu cantik. Tapi untuk rasa ok lah.

Dan berikut resepnya yang saya dapat dari sajian sedap.
Puding Vanilla ubi ungu lapis biskuit
Resep by sajian sedap
Modif by rina

Bahan:
40 keping biskuit, buang cream nya(saya biskuit di hancurkan)
Bahan puding vanilla:
1.200 ml susu cair (saya 100 ml santan kental + 500 ml air matang)
1,5 bks agar-agar warna putih (saya 1 bks)
175 gram gula pasir (saya 90 gram)
1/4 sdt garam
1 sdt pasta vanilla

Bahan puding ubi ungu:
100 gram ubi ungu kukus, haluskan
350 ml santan dari 1/2 butir kelapa (saya 100 ml santan kental + 200 ml air matang)
1 bks agar-agar warna putih
50 gram gula pasir
1/2 sdt pasta talas (saya skip)

Bahan telur:
120 ml  putih telur (dari 3 butir telur)
1/4 sdt garam
35 gram gula pasir

Cara membuat:
1. Puding vanilla: rebus santan, agar-agar, gula pasir dan garam sambil di aduk sampai mendidih. Tambahkan pasta vanilla. Aduk rata. Angkat. Bagi menjadi 2 bagian.
2. Tuang 1/2 adonan ke loyang ukuran 20x20x7 cm ( saya pakai loyang loaf) yang sudah di perciki air matang. Biarkan sampai setengah keras. Tata 1/2 bagian biskuit di atarnya. Sisihkan.
3. Puding ubi ungu: blender ubi ungu dan santan sampai halus. Rebus bersama dengan agar-agar dan gula pasir sambil di aduk sampai meletup-letup. Aduk rata. Angkat. Sisihkan.
4. Adonan putih telur: kocok putih telur dan garam sampai mengembang. Masukkan gula pasir sambil dikocok hingga mengembang. Masukkan rebusan ubi ungu sedikit demi sedikit sambil terus dikocok rata.
5. Tuang di atas puding vanilla. Diamkan sampai setengah keras. Tata sisa biskuit di atasnya.
6. Panaskan sisa puding vanilla dengan menambahkan 1 sdm air. Siram sedikit sedikit di atas puding ubi ungu. Diamkan kembali hingga mengeras. Sisihkan.
7. Keluarkan dari loyang, potong-potong, sajikan. Lebih nikmat kalau disajikan dingin.

Happy baking

1 comment:

  1. Oakley's Titanium Glass - Shop Shop for the Best Gifts on Titanium
    Shop Tito's Titanium Glass | Shop for the Best Gifts on Titanium Iron | Shop for titanium aftershokz the Best Gifts on Titanium Iron titanium ore terraria | Shop for ford titanium the trekz titanium pairing Best Gifts on Titanium ford titanium Iron.

    ReplyDelete