Saturday, December 7, 2013

Pandan chiffon cake

Assalamu 'alaikum. .

Seperti biasa, resep ini sudah saya coba lamaaa banget. Pas lagi lihat-lihat blognya mba mae. Dan saya sampai selesai lihat blognya hehe ^_^. Saya penasaran pingin nyobain chiffon cakenya mba mae, karena resepnya simple dan kebetulan semua bahan sudah ada di dapur. Resep aslinya mba mae chocolate chiffon cake. Berhubung saya penyuka pandan, jadinya coklat bubuknya saya ganti dengan pasta pandan. Dan hasilnya ada rasa krenyes ciri khas dari chiffon cake.

Berikut ini resepnya yang sudah saya sesuaikan takaran gulanya. Karena saya bukan penyuka manis. Untuk resep aslinya bisa dilihat di sini

Pandan chiffon cake
Resep by mba mae
Modif by rina

Bahan A:
75 gram gula pasir (saya 50 gram)
12 gram coklat bubuk (saya skip ganti dengan 1 sdm pasta pandan)
97 gram tepung terigu
1/4 sdt soda kue

Bahan B:
2 butir kuning telur
50 ml minyak goreng (saya pakai olive oil)

75 ml susu cair

Bahan C:
3 butir putih telur
50 gram gula pasir

Cara membuat:
1. Campur semua bahan A, aduk rata. Buat lubang (kawah) di tengahnya.
2. Campur bahan B kecuali susu cair, lalu tuang di tengah lobang (bahan A), aduk perlahan dengan gerakan melingkar sambil di tuangi susu cair hingga tercampur adonan licin, aisihkan.
3. Kocok bahan C hingga kaku (sofpeak its ok), ambil 1/3 bagian dan masukkan ke dalam adonan A + B, aduk perlahan hingga rata. Tambahkan dan aduk sisa putih telur ke dalam adonan hingga habis dan adonan menyatu dengan baik.
4. Tuang adonan ke dalam loyang chiffon diameter dasar 18-20cm, panggang selama 45 menit dengan suhu 160-170℃. Lalu naikkan suhunya menjadi 180℃ selama 15 menit atau hingga permukaan coklat dan kering. Jangan lupa lakukan tes tusuk.
5. Keluarkan dari oven dan segera balikkan di atas tutup botol (jika loyang tidak mempunyai kaki). Biarkan hingga benar-benar dingin, gunakan pisau untuk mengeluarkan kue dari loyang. Hias sesuai selera. Potong-potong dan sajikan.

Happy baking

No comments:

Post a Comment