Saturday, December 14, 2013

Puding gula merah

Assalamu alaikum

Mencoba posting lagi setelah beberapa hari yang lalu saya sudah mencoba posting di blog ini, dan ternyata error terus gag masuk.

Kali ini saya nyobain resep puding santan gula merahnya mba hesti. Beliau beberapa hari yang lalu sempat update resep tersebut. Berhubung saya masih punya sisa gula merah dan agar-agar bubuk, akhirnya saya coba membuatnya.

Meskipun ini puding resepnya sederhana, jangan bandingkan dengan rasanya yang sederhana. Puding ini rasanya legiiitt banget, dan enak. Pas bikin puding ini sudah ngebayangin rasanya seperti puding buatan ibu sa'at saya masih kecil. Dan ternyata memang persis banget. Legitnya gag sampai yang enek. Dan berikut ini saya salinkan resepnya dari blognya mba hesti.

Puding gula merah
Resep by mba hesti

Bahan:
1 bks agar-agar bubuk plain (7 gram)
200 ml air
700 ml santan (saya pakai 600 ml)
240 gram gula merah (saya 200 gram)
1 butir telur, kocok lepas
Sejumput garam

Cara membuat:
1. Rebus air, gula merah dan garam hingga mendidih. Matikan apinya dan saring.
2. Rebus kembali air gula merah. Tambahkan agar-agar dan santan. Aduk-aduk sampai mendidih, kecilkan apinya.
3. Ambil sedikit rebusan agar-agar. Campurkan dengan telur, aduk cepat. Tuangkan kedalam rebusan agar-agar dan aduk cepat. Masak hingga mendidih dan matikan apinya.
4. Tuang agar-agar kedalam cetakan bunga kecil-kecil atau kedalam loyang (sesuai selera). Hilangkan uap panasnya dan masukkan ke kulkas biar tambah segar. Kalau sudah dingin bisa langsung di hidangkan.

Happy baking

No comments:

Post a Comment