Friday, December 20, 2013

Purple sweet potato chiffon cake

Assalamu alaikum

Postingan telat lagi, padahal bikin nya udah lamaaaa banget. Chiffon ini hasilnya krenyes-krenyes. Meskipun awalnya saya sempat deg-degan juga. Pas sesaat setelah matang dan masih hangat, cakenya saya potong. Dan ternyata gag ada effek krenyes-krenyes ciri khas dari chiffon cake. Sempat kepikiran kalau cakenya gagal juga, ehh tapiii ketika dingin efek krenyesnya baru muncul aja gitu, hehehe lucu deh ^ ^.

Gag mau panjang lebar ahh, resep aslinya dari http://smallsmallbaker.blogspot.com

Purple sweet potato chiffon cake
Recipe by small small baker

Bahan:
A
4 butir kuning telur
30 gram gula pasir
1/2 sdt garam
60 gram minyak goreng
70 gram santan
70 gram ubi ungu, kukus dan haluskan
100 gram tepung terigu
1/2 sdt baking powder
100 gram ubi ungu, kukus dan potong-potong

B
4 butir putih telur
100 gram gula pasir
1/4 sdt cream of tar tar (saya skip)

Cara membuat:
1. Campur kuning telur, gula pasir, dan garam. aduk rata sampai gula larut.  Masukkan minyak goreng aduk-aduk. blender ubi ungu halus dan santan hingga lembut. campurkan keadonan kuning telur tadi dan aduk rata.
2. campurkan tepung terigu dan baking powder kedalam adonan kuning telur sambil diayak dan diaduk balik hingga tercampur rata. sisihkan.
3. Kocok putih telur hingga sedikit berbusa dengan kecepatan tinggi. masukkan gula pasir, kocok hingga soft peak. 
4. ambil 1/3 adonan putih telur, campurkan ke dalam adonan kuning telur, lakukan aduk balik untuk pencampurannya. masukkan sisa adonan putih telur dan aduk balik lagi. jangan sampai over mix.
5. masukkan ubi ungu kukus yang sudah dipotong-potong, aduk ringan saja. tuang adonan ke dalam loyang chiffon atau loyang tulban yang sudah diolesi dengan margarine dan ditaburi dengan sedikit tepung terigu.
6. sebelumnya panaskan dulu oven dengan suhu 160℃. panggang selama
± 60 menit atau hingga chiffon matang. lakukan tes tusuk untuk mengetahui kue sudah matang atau belum. tunggu chiffon dingin dan potong-potong, siap dihidangkan untuk teman ngeteh atau ngopi.


happy baking

No comments:

Post a Comment